IDENTIFIKASI KATION : GOLONGAN VI

Magnesium salah satu anggota Kation Golongan VI
Setelah membahas tentang Identifikasi Kation Golongan V, pada kesempatan ini kita akan membahas tentang Identifikasi Kation Golongan VI yang akan menutup pembahasan tentang Identifikasi Kation secara keseluruhan.

Baca juga : Identifikasi Kation Golongan V

Identifikasi Kation Golongan VI

Kation yang termasuk dalam Kation Golongan VI antara lain Na+, K+, dan Mg2+. Kation Golongan VI ini terdapat dari sentrat yang dihasilkan dari Pemisahan Golongan Kation Tahap Kelima. Dengan kata lain, Kation Golongan VI ini biasa disebut dengan Golongan Sisa. Karena Kation Golongan VI ini tidak mengendap walaupun diberikan berbagai macam perekasi.
Sentrat yang diduga mengandung Na+, K+, dan Mg2+ ini diuji sesuai dengan prosedur sebagai berikut:

Baca juga : Pemisahan Golongan Kation

Prosedur Identifikasi Kation Golongan VI

Kisatkan sentrat sampai kering dalam cawan kurs didalam ruang asam dan lanjutkan dengan pemijaran sampai tidak keluar lagi uap putih dari NH4Cl (untuk mempercepat proses, dapat juga ditambahkan 2 ml HNO3 pekat sebelumnya). Sentrat yang telah bebas dari NH4+, dilarutkan dalam beberapa ml aquadest, aduk dan panaskan sebentar. lalu Identifikasi sebagai berikut:

Identifikasi Mg2+ (Magnesium)

Logam Magnesium
Logam Magnesium

  1. Pada 2 tetes larutan, tambahkan 2 tetes NH4Cl 2M, beberapa tetes NH4OH sampai basa, kemudian 2 tetes pereaksi Na2HPO4. Endapan putih dari MgNH4PO4.
  2. Pada 3 tetes larutan, tambahkan 1 tetes pereaksi Magneson, kemudian 5 tetes NaOH 1M, endapan biru menandakan adanya Mg
  3. Pada 1 tetes larutan, tambahkan 1 tetes perekasi Kuning Titan. kemudian 1 tetes NaOH 1M, endapan biru menandakan adanya Mg


Identifikasi Na+ (Natrium)

Logam Natrium
Logam Natrium


Pada setetes larutan, tambahkan setetes pereaksi Zn-uranil asetat. Endapan kuning yang muncul menandakan adanya Na.

Identifikasi K+ (Kalium)

Logam Kalium
Logam Kalium


Pada setetes larutan, tambahkan setetes pereaksi Na2[Co(NO2)6] yang baru dibuat dan sedikit HOAc 2M. Endaapan kuning yang muncul menandakan adanya K.

Catatan :
NH4+ diidentifikasi langsung dari zat asal dengan melakukan Analisa Pendahuluan, Reaksi dengan NaOH.

Baca juga : Analisa Pendahuluan : Reaksi NaOH dan KHSO4


Penjelasan Prosedur

Adapun maksud dari beberapa perlkuan dalam prosedur diatas adalah sebagai berikut:
  1. Pemijaran yang dilakukan ditujukan untuk menghilangkan NH4+ sebagai NH4Cl yang mudah menyublim. Hal ini dikarenakan NH4+ akan menganggu reaksi-reaksi penentuan ion K+ karena memberikan hasil-hasil yang sama
  2. Pembentukan MgNH4PO4 berjalan lambat (terbentuk larutan jernih). Tetapi reaksi tersebut dapat dipercepat dengan cara menggosokkan dinding tabung dengan batang pengaduk gelas.

Demikianlah pembahasan tentang Identifikasi Kation Golongan VI. Dengan berakhirnya pembahasan ini, maka selesai sudah pembahasan tentang Identifikasi Kation. Pada postingan selanjutnya kita akan membahas tentang Identifikasi Anion. So stay tune..^_^
Previous
Next Post »