ANALISA PENDAHULUAN : UJI MANIK BORAKS

Serbuk Boraks
Serbuk Boraks
Setelah kita membahas tentang Reaksi Nyala pada postingan sebelumnya, mari kita beranjak pada Uji Manik Boraks.

Uji Manik Boraks

Selain melalui reaksi nyala, keberadaan suatu unsur atau ion dapat diketahui pula dengan pengujian manik boraks. Alat yang digaunakan sama dengan alat yang digunakan paada uji nyala yaitu kawat NiCr atau Pt, hanya saja pada pengujian manik boraks ini ujung dari kawat dibengkokkan hingga membentuk lingkaran kecil sehingga korek api tidak dapat lolos dari lingkaran tersebut. Seperti namanya, pengujian ini memggunakan bubuk borak NH4B4O7.10H2O. Prosedur pengujiannya adalah sebagai berikut.
  1. Kawat yang telah dibengkokkan dipanaskan pada nyala api bunsen hingga membara.
  2. Masukan kawat yyang membara tersebut kedalam bubuk boraks dengan cepat.
  3. Bubuk yang menempel dinyalakan pada nyala api terpanas. Garam tersebut akan membengkak ketika melepaskan kristal air. Kemudian garam tersebut akan menyusut menjadii seukuran lingkaran kawat tersebut membentuk manik mirip kaca yang tembus pandang yang terdiri dari suatu campuran Natrium Metaborat dan Anhiddra Boraks.
  4. Reaksi pembentukan manik Boraks
    Reaksi pembentukan manik boraks
  5. Manik tersebut kemudian dibasahi dan dibenamkan pada zat yang dibubuk halus sehingga sedikit zat itu akan menempal pada manik. Penting untuk diingat bahwa jumlah zat tidak boleh terlalu benyak sehingga dapat membuat manik menjadi gelap saat pemanaan berikutnya.
  6. Manik dan zat yang menempel mula-mula dipanaskan pada nyala api reduksi, dinginkan dan amati warnanya.
  7. Nyala Api Bunsen
    Nyala Api Bunsen
  8. Kemudian panaskan kembali manik dan zat pada nyala api pengoksidasi, dinginkan dan amati warnanya. Manik yang secara karakteristik berwarna dihasilkan dengan garam tembaga, besi, kromium, mangan, cobalt dan nikel.
  9. Setelah pengujian selesai, manik dilepaskan dari kawat dengan cara memanaskan kawat hingga manik meleleh, kemudian sentakkan kedalam bejana air agar manik terlepas.

Dalam prinsipnya uji manik boraks ini tidak jauh beerbeda dengan uji reaksi nyala, hanya saja pada uji masnik boraks digunakan boraks yang dibuat menjadi manik sebagai medianya. Mari kita bahas poin berikutnya pada postingan selanjutnya. Reaksi dengan asam sulfat. ^_^
Previous
Next Post »