KIMIA ANALISA

Praktikum Kimia Analis
Praktikum Kimia Analis

Mungkin banyak dari kalian yang pernah mempelajari ilmu kimia dasar saat kalian duduk di bangku SMP atau bangku SMA. Mengapa saya katakan dasar?? karena lmu kimia yang diajarkan pada bangku SMP dan SMA hanya materi umum tentang atom, unsur, molekul, macam-macam reaksi baik reaksi asam basa, redoks, maupun reaksi kompleks, serta perhitungan stoikiometri yang membuat kepala serasa terbakar dan hal-hal umum lainnya.

Tahukah kalian bahwa ilmu kimia itu sangat luas??. Ilmu kimia itu mencakup seluruh hal yang terdapat di bumi maupun alam semesta. Mungkin statement tersebut terkesan lebay , tapi mari kita telaah lebih jauh lagi. Unsur-unsur yang terdapat dalam SPU (Sistem Periodik Unsur) memiliki kecenderungan untuk bersatu membentuk senyawa, hal ini dikarenakan semua unsur ingin memiliki jumlah elektron luar yang stabil seperti gas mulia ( Materi Atom pada Kimia Dasar), Senyawa terbagi menjadi dua, yaitu senyawa organik dan senyawa anorganik.

Senyawa anorganik adalah senyawa yang tersusun berdasarkan ikatan ion. Perabotan rumah yang terbuat dari loggam merupakan contoh senyawa anorganik dalam kehidupan nyata. Sedangkan senyawa organik adalah senyawa yang tersusun berdasarkan ikatan kovalen yang biasanya terdiri atas atom carbon. Nasi, lauk pauk, dan sayur mayur yang kita makan merupakan senyawa organik, bahkan DNA yang terdapat pada seluruh makhluk hidup adalah senyawa organik, yang tidak lain dan tidak bukan adalah bahan kimia. Oleh karena itu lah tidak salah jika saya sebut ilmu kima itu sangat luas.

Karena ilmu kimia sangat luas, maka ilmu kimia ini memiliki cabang ilmu yang cukup banyak dengan fokus perhatian yang berrbeda antar cabang ilmu kimia. Sebagai contoh ilmu kimia yang khusus membahas tentang sifat atom adalah Kima Inti, yang membahas tentang reaksi dalam tubuh makhluk hidup adaalah Biokimia, yang membahas tentang analisa suatu unsur atau senyawa adalah Kimia Analisa, yang membahas tentang obat-obatan adalah Farmasi, dan cabang ilmu kimia lainnya. Cabang ilmu kimia yang akan kita bahas adalah Kimia Analisa

Kimia Analisa ( Analis Kimia )

Seperti telah dijelaskan pada paragraf sebelumnya, Kimia Analisa adalah cabang ilmu kimia yang memiliki fokus perhatian pada analisa kadar kandungan suatu unsur/senyawa dalam suatu sampel. Secara umum analisa suatu unsur/senyawa dibagi menjadi dua, yaitu analisa kualitatif dan analisa kuantitatif.

Analisa kualitatif adalah menganalisa keberadaan suatu unsur/senyawa. Sedang analisa kuantitatif adalah menganalisa kadar kandungan unsur/senyawa. Proses analisa ini melibatkan serangkaian metode yang unik dan spesifik. Apa saja sih metode-metode yang digunakan??

Akan kita kupas tuntas pada kesempatan yang akan datang ^_^
First