ANALISA KUALITATIF

Analis melakukan analisa kualitatif
Analis melakukan analisa kualitatif
Pada postingan sebelumnya telah dijelaskan sebelumnya bahwa secara umum kimia analisa dibagi menjadi dua, yaitu analisa kualitatif dan analisa kuantitatif. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang analisa kualitatif.

Analisa Kualitatif

Analisa kualitatif adalah analisa kualitatif adalah analisa yang menitk beratkan untuk menngetahui keberadaan suatu zat, senyawa, aataupun ion. Analisa kualitatif ini biasa dikenal dengan istilah Analisa Jenis Klasik.

Analisa jenis klasik ini biasanya dilakukan pada awal menerima sampel sebelum dilakukan analisa kuantitatif. Sebagai contoh, seorang analis mendapat sampel batu meteorit yang jatuh ke bumi. Analis itu ingin mengetahui kadar Magnesium yang terkandung dalam batuan tersebut, sebelum iya melakukan analisa kadar Magnesium, analis itu harus melakukan analisa jenis klasik untuk mengetahui apakah didalam batu meteorit tersebut terdapat Magnesium atau tidak. Jika positif, maka analisa penentuan kadar magnesium dapat dilakukan.

Selain itu pun, analisa jenis klasik dapat digunakan untuk mengidentifikasi suatu larutan yang tidak memiliki label pada laboratorium, dan untuk mengidentifikasi ion-ion penganggu yang dapat mengganggu pada saat dilakukan analisa kuantitatif. Contoh ion pengganggu antara lain Cl- , NO3-, dan SO4.

Didalam analisa jenis klasik terdapat beberapa macam tahapan pengujian, antara lain:
  1. Uji pendahuluan
  2. Identifikasi Kation (ion positif)
  3. Identifikasi Anion (ion negatif)
Untuk macam-macam tahapannya akan dijelaskan pada post beriktnya ya. Stay tune.. ^_^
Previous
Next Post »